Terima Kasih atas Ketersediaan anda untuk bergabung di Blog saya, mudah-mudahan apa yang anda inginkan terdapat di Blog saya ini. sekali lagi TERIMA KASIH. Salam hangat "Willy_d'Zaylivers"

Senin, 07 Maret 2011

Profil PT. Garudafood

PT. Garudafood adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman di Indonesia yang saat ini sedang berkembang dengan pesat, dengan pengelolaan management sumber daya manusia berbasis kompetensi diharapkan akan dapat memberikan apresiasi terhadap angkatan kerja muda yang memiliki jiwa dinamis serat menyukai tantangan dalam berkarir.
 
Berdirinya Garudafood diawali dengan dibentuknya PT. Tudung Putra Jaya (TPJ) pada 1979. Ketika itu, alm. Darmo Putro memulai usahanya di kota kecil, Pati, Jawa Tengah, sebagai produsen tepung tapioka. Selanjutnya, secara khusus TPJ mulai memproduksi kacang kulit sampai akhirnya, pada 1987, mulai
menggunakan merek kacang garuda sebagai produk unggulannya.

PT. Garudafood semakin berkembang seiring dengan berkembangnya inovasi produk yang ditandai dengan dibentuknya beberapa anak usaha baru seperti PT. Garuda Putra Putri Jaya (GPPJ) yang memproduksi kacang oven dan kacang salut serta PT. Garudafood Jaya yang memproduksi biskuit.

Produk-produk Garudafood didistribusikan oleh PT. Sinar Niaga Sejahtera (SNS) yang merupakan Divisi Distribusi dari holding company. Didirikan 1994, peran SNS sangat menentukan bagi perkembangan Garudafood. Karena perannya, berbagai macam produk Garudafood bisa diperoleh konsumen di wilayah-wilayah pelosok seluruh Indonesia.

Hingga tahun 2006 ini, SNS telah memiliki 96 depo, yang melayani hampir 150.000 outlet pelanggan di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, untuk lebih memperluas jaringan, SNS juga bermitra dengan subdistributor besar yang tersebar dari Aceh sampai Papua.

Dengan kekuatan jaringan serta armada distribusi yang sangat memadai, sejak 1994 SNS telah menjadi 5 besar perusahaan distributor FMCG terbaik untuk kategori makanan dan minuman. Dalam perkembangannya SNS kini tidak hanya mendistribusikan produk dari Garudafood, tetapi juga dari principal lain baik untuk produk food maupun non food.

Saat ini kurang lebih sudah 18.000 karyawan yang telah berkontribusi pada PT. Garudafood Group dari 10 plant serta beberapa divisi support yang tersebar di Indonesia yang secara bertahap akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

Pada awal 1987 PT. Garudafood mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merk Kacang Garing Garuda, yang belakangan dikenal dengan sebutan ringkas: Kacang Garuda, Kacang Garuda meraih berbagai penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007), Superbrands (2003), Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004-2007), Top Brand (2007).

Pada tahun 2000 Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat menggabungkan TPJ, Garuda Putra Putri Jaya, dan Garudafood Jaya dalam satu nama: PT. Garudafood Putra Putri Jaya (GPPJ). Garuda Food juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk kripik kentang, kripik pisang, kripik singkong, dan krupuk mulai akhir 2005.

Pada 2007 Leo meraih IBBA kategori snack kentang. Selain itu juga merambah bisnis snack jagung dengan merek O’Corn. Di tingkat nasional, Garuda Food juga dipersepsi positif sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman idaman. Survey yang dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 dan 2007 menyebutkan Garudafood berada di urutan ketiga Indonesian Most Admired Company (IMAC). Garudafood juga aktif menjalankan program corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera Garudafood Sehati.

Pada awal 1987 TPJ mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merk Kacang Garing Garuda, yang belakangan dikenal dengan sebutan ringkas: Kacang Garuda. Kacang Garuda meraih pelbagai penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007); Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand.
Adapun penghargaan yang pernah diperoleh PT. Garudafood adalah sebagai berikut.

1)    Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
Penghargaan kepada produk-produk asli Indonesia yang diselenggarakan oleh Business Indonesia bekerjasama dengan Departemen Perindustrian RI. Pada tahun 2007 Gery berhasil menjadi runner up APAI. Pada tahun 2008 Gery meraih penghargaan APAI untuk kategori snack.

2)    Top Brand Award
Merek bukan hanya sekedar identitas tetapi mampu menciptakan ekuitas yang tinggi bagi perusahaan, image dan loyalitas jangka panjang. Merek terkuat adalah merek yang selama bertahun–tahun mampu menempatkan diri pada posisi puncak (Top): (1)Top of market share, (2)Top of mind share, (3)Top of commitment share. Oleh karena itu, Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group menggelar Top Brand Award 2007. Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek yang berhasil mencapai posisi yang top, bukan hanya dalam jangka kurun setahun tapi lebih dari satu tahun. Dua merek Garudafood berhasil meraih dua penghargaan Top Brand untuk kategori kacang bermerek dan jelly drink yaitu Kacang Garuda dan Okky Jelly Drink.

3)    The Dream Team Champions
Penghargaan ini baru pertama kali diadakan oleh majalah SWA. Ajang ini mengumpulkan tim-tim pemasaran terbaik dari masing-masing perusahaan untuk kemudian berlomba untuk menjadi The Dream Team Champions. Tim pemasar Gery mampu meraih Special Award: Brand Builder Champion atas prestasinya membangun Gery hingga menjadi market leader di kategori biskuit di Indonesia.

4)    Marketing Award
Marketing award merupakan penghargaan di dunia pemasaran yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan yang menunjukkan kepemimpinan dalam dunia pemasaran. Ada lima kategori yang diperebutkan dalam ajang ini yaitu The Best Market Driving Company , The Best Innovation in Marketing, The Best IT in Marketing , The Best in Experiential Marketing , The Best in Marketing Campaign. Di ajang yang baru tahun ini digelar, Garudafood menggondol dua penghargaan yaitu The Best Campaign dan The Best Innovation.

5)    Indonesian Best Brand Award (IBBA)
Indonesian Best Brand Award (IBBA) merupakan penghargaan untuk merek-merek terbaik di masing-masing kategori produk yang diadakan oleh Majalah SWA dan sejak 2001. Dua brand Garudafood yaitu Kacang Garuda untuk Merek kacang Terbaik dan Okky Jelly untuk merek Jelly terbaik berhasil meraih penghargaan ini selama 3 tahun berturut-turut (2004-2006) hingga berhasil mendapatkan Golden Brand. Prestasi ini disusul oleh Gery di kategori biscuit yang berhasil meraih IBBA pada tahun 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar