Terima Kasih atas Ketersediaan anda untuk bergabung di Blog saya, mudah-mudahan apa yang anda inginkan terdapat di Blog saya ini. sekali lagi TERIMA KASIH. Salam hangat "Willy_d'Zaylivers"

Rabu, 16 Maret 2011

Strategi Pemasaran yang Diterapkan di PT. Santos Jaya Abadi

Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Dan menurut W. Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Adapun pengertian dari strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Adapun strategi pemasaran yang diterapkan di PT. Santos Jaya Abadi adalah sebagai berikut.

1)    Strategi Kebutuhan Primer
Dalam strategi ini PT. Santos Jaya Abadi mempunyai tujuan khusus yaitu untuk menambah jumlah pemakai dan meningkatkan jumlah pembeli dengan cara mempromosikan produk dari PT. Santos Jaya Abadi melalui iklan-iklan yang berkualitas.

2)    Strategi Kebutuhan Selektif
Dalam strategi ini PT. Santos Jaya Abadi berkomitmen bahwa pelanggan itu yang paling penting dan utama. Demi kepuasan pelanggan PT. Santos Jaya Abadi memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk dari PT. Santos Jaya Abadi. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk yang lain.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal PT. Santos Jaya Abadi tidak hanya menggunakan strategi untuk mempertahankan pelanggan saja tapi PT. Santos Jaya Abadi juga menggunakan strategi untuk menjaring pelanggan yang baru, yang nantinya diharapkan menjadi pelanggan tetap dari produk yang PT. Santos Jaya Abadi.

3)    Strategi Promosi yang berkualitas
Demi menjaring pelanggan yang banyak PT. Santos Jaya Abadi mengutamakan promosi melalui iklan-iklan yang berkualitas, baik iklan di televisi, radio, maupun iklan di media cetak. Selama ini strategi pemasaran ini sangat membuahkan hasil dan PT. Santos Jaya Abadi sendiri akan selalu melakukan promosi yang lebih berkualitas lagi untuk mendapatkan konsumen dengan jumlah yang maksimal.

Dalam hal distribusi, kopi Kapal Api menggunakan jalur distribusi di warung-warung sampai super market dan pasar tradisional yang tersebar merata di seluruh pelosok tanah air serta menjangkau berbagai kalangan. Jumlah pendistribusiannya lebih banyak dari pada produk lain sehingga konsumen cenderung melirik kopi Kapal Api karena sangat mudah untuk mendapatkannya.

Produk special yang ditawarkan merupakan kunci dan strategi pemasaran PT. Santos Jaya Abadi untuk membidik pasar sehingga tetap melekat dengan lidah konsumen. Kopi Kapal Api yang diklaim menggunakan 100% biji kopi pilihan dan tanpa campuran, mampu mempertahankan konsumennya sejak awal berproduksi hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar